Cara memilih Model Baju Batik Kantor yang Baik

menarik-ilmu

Di era sekarang ini, baju batik sudah tidak dianggap lagi kuno oleh sebagian besar masyarakat. Kalau dulu baju batik lebih identik dengan pakaiannya orang tua, sekarang seiring berkembangnya dunia fashion, baju batik juga mulai digemari anak muda bahkan segala usia.

Sedikit bercerita tentang sejarah batik. Seperti yang kita ketahui batik merupakan salah satu budaya khas Indonesia yang telah ada sejak dulu. Jika dilihat secara etimologi batik berasal dari bahasa jawa “tik” yang artinya “titik/matik”. Sebuah kata kerja membuat titik. Selanjutnya lalu berkembang menjadi kata batik.

Model baju batik pun sekarang berkembang dengan bentuk. Hal inilah yang menyebabkan batik sekarang digandrungi oleh berbagai tingkatan usia. Tak hanya untuk baju kemeja sehari-hari, model baju kantor pun sekarang mulai banyak yang bermotif batik. Bahkan kini pilihan model baju batik kantor pun sudah banyak jenisnya, sehingga kadang membuat kita bingung ketika akan memilih.

model baju batik kantor

Tips Cara Memilih Model Baju Batik Kantor

Dalam tulisan ini kami akan sedikit memberi tips bagaimana cara memilih model baju batik kantor yang bagus baik secara bahan maupun motifnya.

1. Cermati jenis bahan kainnya

Ketika kita akan membeli kain batik untuk baju kantor, maka jangan pernah lupa untuk memilih jenis kainnya. Pilih kain batik yang terbuat dari bahan katun. Kain batik yang terbuat dari katun akan kebih mudah menyerap keringat sehingga bisa anti gerah dan memberikan kenyamanan ketika kita memakainya. Aktivitas dikantor tentu sangat menguras tenaga dan pikiran kita, sehingga perlu dicarikan model baju batik kantor yang terbuat bahan yang ringan dan nyaman.

2. Tentukan jenis kain batiknya

Tentu ada baiknya sebelum kita membeli, kita tentukan dulu jenis batik tulis atau batik cetak yang akan dibeli. Secara kualitas, batik tulis biasanya lebih baik daripada batik cetak atau cap. Dan biasanya juga harganya lebih mahal. Hal ini dikarenakan untuk batik tulis ini dibutuhkan keterampilan khusus dan pengalaman tingkat tinggi agar dapat menghasilkan batik yang bagus. Oleh karena itu, jika ingin mencari model baju kantor yang bermotif batik, tentukan dulu jenis batiknya. Sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

3. Meraba cetakan warnanya

Warna cat pada kain batik menunjukkan kualitas batik tersebut. Oleh karena itu, untuk mengecek apakah warna batik itu mudah luntur atau tidak bisa dilakukan dengan meraba cetakan warnanya. Batik dengan kualitas rendah akan mudah luntur dan pudar. Kita tentu tidak ingun bukan baju kantor kita tiba – tiba menjadi pudar setelah beberapa kali dicuci.



4. Tempelkan pada kulit

Batik dengan kualitas yang bagus akan terasa dingin jika dipakai. Hal ini tentu bertujuan untuk kenyamanan si pemakai. Maka ketika akan memilih model baju batik untuk kantor Anda, Coba tempelkanlah kain batik yang ingin Anda beli ke kulit. Jika terasa dingin dan nyaman, berrti bati tersebut punya kualitas yang baik.


Demikian sedikit tips cara memilih model baju batik kantor yang baik. Semoga bisa mengispirasi dan bermanfaat untuk Anda.

0 komentar:

Posting Komentar